Apa itu Foto Prewedding ?

Apa itu Foto Prewedding ?

Beberapa bulan sebelum melangsungkan akad dan resepsi pernikahan, setiap calon pasangan menikah pasti akan disibukkan oleh berbagai kegiatan persiapan sebelum menikah. Salah satunya misalnya yakni pemotretan foto prewedding.

Meskipun belum ada pemaparan yang jelas terkati kapan pertama kali pemotretan foto prewedding, pada zaman modern seperti sekarang, foto prewedding disebut menjadi tren pernikahan (pra-nikah) yang dilakukan oleh para calon pasangan menikah.

Apa itu Pemotretan Foto Prewedding?

Pre wedding Photoshoot atau Foto Prewedding adalah pemotretan yang dilakukan calon pasangan menikah yang dilakukan sebelum prosesi akad, upacara adat menikah dan acara resepsi pernikahan. Tidak ada ketentuan kapan waktu foto prewedding, namun biasanya aktivitas ini dilakukan 1 sampai 3 bulan sebelum menikah atau 1-2 bulan baig calon pasangan menikah yang didahului oleh prosesi pertunangan. Foto prewedding diketahui dapat dilakukan dengan berbagai cara, baik itu secara mandiri atau secara profesional dengan menggunakan jasa fotografer prewedding.

Tema Pemotretan Foto Prewedding

Sebelum membahas lebih jauh tentang tema foto prewedding, ada baiknya calon pasangan menikah mengetahui sebuah narasi dimana foto prewedding bukan merupakan prosesi wajib yang harus dilakukan sebelum melangsungkan pernikahan. Meskipun sering disebut bukan merupakan sebuah keseharusan, pelaksanaan pemotretan foto prewedding bagi mereka yang melakukan tentu dilandaskan sebuah tujuan. Secara sederhana, tujuan foto prewedding bagi mereka yang melakukannya yakni;

  • Menambah koleksi foto tematik bersama pasangan
  • Menunjukkan latar belakang keluarga (suku dan ras)
  • Arsip untuk undangan pernikahan
  • Elemen yang ditambahkan dalam hiasan dekorasi resepsi pernikahan

Kembali ke bahasan tema foto prewedding, khusus mereka yang melakukan aktivitas ini pasti akan diawali dengan penentuan tema. Tidak ada ketentuan khusus, tema foto prewedding biasanya dipilih secara subjektif oleh para calon pasangan menikah.

Namun, bagi yang calon pasangan menikah yang bingung memilih tema, mereka biasanya mengadopsi beberapa tema populer. Saat ini banyak tema foto prewedding populer yang dapat ditelusuri via internet ataupun media sosial. Beberapa tema foto prewedding diantaranya yakni:

  • Tema prewedding casual
  • Tema foto tradisional
  • Tema prewedding klasik
  • Tema foto formal
  • Tema prewedding natural

Leave a Reply